“EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI ” (Tugas 1 : Sistem Informasi Manajemen)

EFEKTIFITAS SISTEM INFORMASI

Sistem Informasi merupakan suatu ilmu mengolah data menjadi sesuatu yang bernilai sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan. Seiring dengan kemajuan teknologi saat ini, memaksa kita selaku manusia yang membutuhkan informasi dapat mengolah dan menyapaikan serta menerima informasi dengan lebih efisien dan akurat. Keakuratan suatu informasi tentu saja membutuhkan cara pengolahan yang baik. Seperti yang kita ketahui, saat ini sudahbanyak ilmu yang kita pelajari dengan berbasiskan komputer. Tentu saja hal ini pun tidak terkecuali untuk Sistem informasi itu sendiri karena merupakan sesuatu yang kompleks yang tidak cukup dilakukan dengan cara yang manual. Sistem informasi yang berbasis komputer berarti bahwa komputer memegang peranan penting dalam hal pengolahan informasi dan didukung dengan Hardware, Software dan Brainware yang berkualitas.

Suatu Sistem informasi yang baik menjadi acuan suatu perusahaan bisa dibilang unggul atau tidak. Tiga Hal penting agar dapat unggul :

  • Tidak hanya mengandalkan SD fisik
  • Aplikasi inovatif
  • Memusatkan pada SD informasi

Maka dari itu, sangat dibutuh teknologi Informasi yang dapat menunjang pengelolaan informasi dengan mengacu pada tiga hal penting diatas. Teknologi diakui sebagai sarana yang membuat proses bisnis menjadi lebih efisien waktu, biaya dan mempunyai akurasi yang tinggi. Kebutuhan dan penyediaan SDM teknologi informasi mampu terpenuhi seiring laju perkembangan teknologi informasiitu sendiri. Teknologi informasi merupakan kombinasi teknologi computer (perangkat keras dan perangkat lunak) untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan tranmisi informasi.

Adapun manfaat dari Sistem informasi yang baik yang akan kita dapatkan selaku user:

  • Memberikan informasi yan sudah terjamin kebenaranya.
  • Lebih efisien
  • Meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan
  • Meningkatkan kualitas informasi
  • Lebih terjamin ke amannya

Dalam  Sistem Informasi juga tidak terlepas dari etika dalam mengolah informasi tersebut, hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

  • Privasi : hak seseorang untuk memberikan atau tidak informasi yang akan di akses
  • Akurasi : data yang diberikan harus tepat.
  • Propertis : perlindungan terhadap hak cipta.
  • Akses : Memberika akses kepada semua kalangan.

Model Sistem Informasi Perusahaan pada umumnya digambarkan seperti berikut:

SKL

Salah satu contoh Sistem informasi yang ada di perusahaan yaitu Sistem Informasi Keuangan yang memberikan informasi kepada orang atau kelompok baik di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan mengenai masalah keuangan. Dan Menyediakan informasi mengenai arus uang bagi para pemakai diseluruh perusahaan. Pada dasarnya penyusunan Sistem Informasi Keuangan suatu perusahaan mempunyai beberapa tujuan yang harus dipertimbangkan baik-baik, yaitu :

  1. Mampu menyediakan data keuangan yang diperlukan tepat pada waktunya dan dapat memenuhi kebutuhan.
  2. Dapat menjaga keamanan harta milik perusahaan maka Sistem Informasi Akuntansi keuangan harus disusun dengn pertimbangan pengawasan – pengawasan intern.
  3. Dapat menekan pembiayaan terkait penyampaian pengeloaan informasi tersebut.

Sumber Referensi:

http://leories-qita.blogspot.com/2012/05/pengertian-sistem-informasi-berbasis.html

http://amel18aditya.blogspot.com/2011/10/bab-2-teknologi-informasi-sebagai.html

http://www.slideshare.net/siunindra/teknologi-informasi-sebagai-keunggulan-kompetitif

http://dianachaerisma.blogspot.com/2011/11/manfaat-etika-dari-sistem-informasi.html

Leave a comment