(Pertemuan 2) Sejarah, Pengertian, dan Pemanfaatan Komputer

Sejarah Komputer
1. Alat hitung tradisional dan Kalkulator mekanik
Tahun 1642, Blaise pascal (1623-1662) menemukan kalkulator roda numerik(Numerical Wheel Calculator) yang merupakan Alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Namun alat ini hanya untuk pennjumlahan.
Tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leinniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline sehingga dapat digunakan untuk mengalikan.
Tahun 1820, Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapt melakukan empat fungsi aritmatik dasar.
Tahun 1882, Babbage menemukan mesin differensial dan mulai terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama (Analytical Engine) dan alat ini menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern. Desain dasrnya menggunakan kartu-kartu perforasi(berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi.
2. Komputer Generasi Pertama
Pada generasi pertama, pendanaan dan kemajuan teknik komputer meningkat akibat dari perang dunia kedua. Potensi strategis komputer dieksploitasi negara-negara yang terlibat perang.
1941–>Konrad Zuse(insinyur Jerman)–> Z3 –>Untuk Desain Pesawat Terbang dan peluru kendali
1943–>Pihak Inggris–> Colossus–>pemecah kode rahasia yang digunakan jerman
Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

3. Komputer Generasi Kedua
Tahun 1948 perkembangan komputer dipengaruhi oleh penemuan transistor. Transistor menggantikan Tube Vakum pada komputer sehingga ukuran pada kompuer berkurang.
Perkembangan Komputer generasi kedua juga dibantu oleh penemuan berupa pengembnagna inti-magnetik. Sehingga komputer dapat lebih hemat energi dan lebih cepat serta ukurannya lebih kecil.
Komputer generasi ini menggunakan Bahasa Assembly.
Salah satu contoh komputer generasi kedua yang dapat diterima secara luas di kalangan industri adalh IBM 1401.
Karena komputer generasi ini suksek dibidang bisnis. Maka mulai muncul bahasa-bahasa pemrograman seperti COBOL dan FORTRAN.

4. Komputer Generasi Ketiga
Tahun 1958, Jack Kilby (Insiyur Texas) mengembangkan IC(integrated Circuit). IC mengkombinasikan 3 komponen dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Kuarsa digunakan untuk menggantikan transistor yang menghasilkan panas yang cukup besar.
Kemajuan lainnya pada generasi ini adalh penggunaan System Operasi.

5. Komputer Generasi Keempat
Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang
sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse.

6. Komputer Generasi kelima
Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Pengertian Komputer
Computare —–> to compute —–> menghitung

komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.

Pemamfaatan teknologi komputer pada kehidupan manusia.
Teknologi Komputer dapat mempermudah pekerjaan manusia. Adapun penerapan komputer disegala bidang meliputi hal-hal berikut ini :
1. Bidang teknik dan ilmu pengetahuan
Digunakan untuk mengolah data karena kecepatan dan ketepatannya. Biasanya digunakan untuk menyelesaikan perhitungan – perhitungan yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat serta dengan hasil yang akurat.

2. Bidang Geologi
Untuk mempelajari keadaan tanah serta kontur dari suatu daerah yang mungkin bila dengan mata telanjang kita tidak dapat melihatnya.

3. Bidang Bisnis
Untuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat didalam perusahaan, menyediakan informasi keadaan pasar yang bersaing dan berkembang dan menyediakan informasi menigkatkan mutu manajemen.

4. Bidang Industri
Untuk meningkatkan proses produksi dalam industri, meminimalisir kesalahan yang biasa dilakukan manusia, dan agar mendapatkan hasil lebih cepat dan efisien

5. Bidang Perbankan
Untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah bank yang bersangkutan.
dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s