(Pertemuan 3) Komponen Utama dan Arsitektur komputer

KOMPONEN UTAMA KOMPUTER
Hardware
Hardware (perangkat keras) komputer adalah salah satu bagian dari sistem komputer yang ada. Sesuai namanya, hardware secara fisik terlihat. Jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya terdiri dari: input hardware(keyboard, mouse, scanner,dll), processing hardware(CPU), storage hardware(ROM,RAM,Flashdisk,CD,dll), dan output hardware(Printer, Plotter,dll).

Software
Software (Perangkat lunak, piranti lunak) adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai ‘penterjemah’ perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan:
1. Program aplikasi, adalah suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja (spreadsheet), dan pemutar media.
2. Sistem operasi (OS, Operating System), adalah perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan program aplikasi
3. Bahasa pemrograman, adalah software untuk membuat sofware yang lain. Dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal, Basic dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.

User
yaitu pemakai komputer atau orang yang mengoperasikan komputer(Brainware), karena secanggih apapun komputer jika tidak ada orang mengopersikan (user) nya maka komputer tersebut tidak dapat digunakan.
User atau pemakai komputer ada 3 tingkatan yaitu:
• Sistem Analis
• Programer
• Operator

Data
Meerupakan fakta berupa angka, karakter, symbol, gambar, tanda-tanda, isyarat, tulisan, suara, bunyi yang merepresentasikan keadaan sebenarnya yang sellanjutnya digunakan sebagai suatu sistem informasi.

Arsitektur Komputer
Dua element utama pd sistem komputer konvensional:
♦ Memory
♦ Processor

Klasifikasi Arsitektur komputer (Michael Flynn), berdasarkan karakteristiknya termasuk banyaknya processor, banyaknya program yang dapat dieksekusi dan struktur memori:
Single Intruction Stream, Single Data Stream (SISD)
Satu CPU yang mengeksekusi instruksi satu persatu dan menjemput atau menyimpan data satu persatu
Single Instruction Stream Multiple Data Stream (SIMD)
Satu unit kontrol yang mengeksekusi aliran tunggal instruksi, tetapi lebih dari satu Elemen Pemroses
Multiple Instruction Stream, Single Data Stream (MISD)
Mengeksekusi beberapa program yang berbeda terhadap data yang sama.
Multiple Instruction Stream, Multiple Data Stream (MISD)
Juga disebut multiprocessors, dimana lebih dari satu proses dapat dieksekusi berikut terhadap dengan datanya masing-masing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s