(Pertemuan 4) Model Komputer dan Prinsip Kerjanya dalam Mengolah Data

SUPERCOMPUTERS

Supercomputer merupakan type computer yang tercepat dan sangat mahal, kecepatan komputer ini terhadap proses perhitungan sudah tidak diragukan, Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC)

Karena sangat cepat dalam perhitungan, Superkomputer biasanya digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dll. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer.

Tiga superkomputer tercepat dari 500 komputer tercepat di dunia (Juni 2011) adalah:

  1. K computer buatan Fujitsu, Jepang. Kecepatan 8.162 petaFLOP. Diluncurkan Juni 2011.
  2. Tianhe-IA buatan National Supercomputing Center Tianjin, Republik Rakyat Cina. Kecepatan 2.566 petaFLOP. Diluncurkan Oktober 2010.
  3. Jaguar buatan Cray, Amerika Serikat. Kecepatan 1.759 petaFLOP. Diluncurkan tahun 2009.

Superkomputer menggunakan desain inovatif yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya menspesialisasikan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan dalam tugas umumnya tidak bagus hasilnya. Hirarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hirarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang tinggi.

Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan serialisasi software, dan menggunakan hardware untuk mempercepat leher botol

MAINFRAME COMPUTERS

Mainframe komputer merupakan salah satu model komputer yang sangat mahal yang mampu mendukung digunakan oleh ratusan bahkan ribuan pengguna secara bersamaan. Mainframe komputer biasanya digunkan olehorganisasi-organisasi besar seperti universitas, rumah sakit, badan dunia seperti PBB,dll. Main frame memilki processor lebih dari satu.

Suatu teknik atau cara yang mrmungkinkan banyak orang menggunakan mainframe secara beramaan dikenal dengan time-sharng. Didalam pengertian time sharing sendiri, CPU dalam memberikan perhatiannya sebenarnya hanya pada satu pengguna pada satu saat. Kemudian dilanjutkan kepada pemakai berikutnya. Tetapi karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi, maka jarak pemakai antara satu pemakai dan lainnya tidaklah tampak secara jelas.

Di tahun 1960an, mainframe komputertidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Di masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

MINI COMPUTERS

komputer mini adalah komputer menengah mampu mendukung 4-200 pengguna secara bersamaan. Mini pc terutama digunakan sebagai komputer departemen untuk pengolahan data dalam organisasi besar atau lembaga pemerintah seperti rumah sakit.

kelas komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

PERSONAL COMPUTERS(PC)

Personal Computer adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Personal Computer (PC) juga dikenal sebagai Komputer mikro, Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran

HAND HELD COMPUTERS

Handheld Computers adalah sebutan untuk komputer-komputer dengan ukuran kecil ( bisa digenggam ) dengan kemampuan tertentu. Beberapa contoh dari sistem ini adalah Palm Pilots, PDA, dan telepon seluler. Isu yang berkembang tentang sistem genggam adalah bagaimana merancang software dan hardware yang sesuai dengan ukurannya yang kecil.Dari sisi software, hambatan yang muncul adalah ukuran memori yang terbatas dan ukuran monitor yang kecil. Kebanyakan sistem genggam pada saat ini memiliki memori berukuran 512 KB hingga 8 MB. Dengan ukuran memori yang begitu kecil jika dibandingkan dengan PC, sistem operasi dan aplikasi yang diperuntukkan untuk sistem genggam harus dapat memanfaatkan memori secara efisien. Selain itu mereka juga harus dirancang agar dapat ditampilkan secara optimal pada layar yang berukuran sekitar 5 x 3 inci. Dari sisi hardware, hambatan yang muncul adalah penggunaan sumber tenaga untuk pemberdayaan sistem. Tantangan yang muncul adalah menciptakan sumber tenaga ( misalnya baterai ) dengan ukuran kecil tapi berkapasitas besar atau merancang hardware dengan konsumsi sumber tenaga yang sedikit. Secara umum, keterbatasan yang dimiliki oleh sistem genggam sesuai dengan kegunaan / layanan yang disediakan. Sistem genggam biasanya dimanfaatkan untuk hal-hal yang membutuhkan portabilitas suatu mesin seperti kamera, alat komunikasi, MP3 Player dan lain lain.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s