MODEL DATA RELASIONAL (Pokok Bahasan 3)

Dalam relational model suatu database dipandang sebagai kumpulan satu atau lebih relasi/ tabel, dimana setiap relasi adalah berupa sebuah tabel dua dimensi yang terdiri atas baris-baris dan kolom-kolom.

 

Kelebihan utama model relasional dibanding model data lainnya adalah kesederhanaan representasi dan kemudahannya dimana dengan kesederhanaannya ini queri yang kompleks pun bisa diformulasikan.

 

ISTILAH-ISTILAH DALAM MODEL RELASIONAL

  • Relasi : sebuah himpunan bagian dari perkalian kartesian dari sekumpulan domain. Dalam model relasional, relasi dapat direpresentasikan dengan tabel.
  • Atribut :  kepala/header dari setiap kolom yang ada dalam tabel relasi. Berdasarkan contoh tabel MHS sebelumnya, atribut yang ada adalah NPM, Nama, dan Alamat.
  • Tupel : sebuah baris dalam tabel relasi. Berdasarkan contoh tabel MKUL sebelumnya, salah satu tupelnya adalah (KU122, Pancasila, 2).
  • Domain : sekumpulan nilai yang valid untuk setiap atribut yang ada dalam tabel relasi. Berdasarkan contoh tabel NILAI sebelumnya, domain dari atribut FINAL adalah angka 0 sampai 100.
  • Derajat :  jumlah atribut yang ada dalam tabel relasi. Berdasarkan contoh tabel MHS sebelumnya, derajat dari relasinya adalah 3.
  • Kardinalitas : jumlah tupel yang ada dalam tabel relasi. Berdasarkan contoh tabel MKUL sebelumnya, kardinalitas dari relasinya adalah 3.

 

RELATIONAL KEYS

  1. Kunci Super (Super key)⇒ (kumpulan) atribut yang dapat mengidentifikasi unik entitas-entitas tapi tak harus minimal
  2. Kunci Calon (Candidate Key) ⇒ (kumpulan) atribut yang dapat mengidentifikasi unik entitas-entitas dan harus minimal
  3. Kunci Primer (Primary Key) ⇒ salah satu kunci calon yang dipilih sebagai identifying attribute
  4. Kunci Tamu (Foreign Key) ⇒ (kumpulan) atribut yang mengacu ke (kumpulan) atribut kunci pada tabel yang lain. Ini digunakan untuk kunci perelasian.
  5. Kunci Alternatif (Alternate Key) ⇒ kunci calon yang tidak dipilih sebagai kunci primer

 

RELATIONAL INTEGRITY RULES

  • NULL

adalah nilai sebuah atribut yang tidak diketahui atau tidak ada pada sebuah tupel dalam tabel relasi. Misalnya pada contoh tabel MHS sebelumnya, seorang mahasiswa tidak diketahui alamatnya sehingga pada tupel yang mengidentifikasi mahasiswa tersebut nilai dari atribut alamat diisi dengan NULL.

  • Entity Integrity

adalah sebuah peraturan integritas yang menyatakan bahwa setiap tabel relasi harus mempunyai sebuah primary key, dan atribut/sekumpulan atribut yang dipilih sebagai primary key harus mempunyai nilai dan nilai tersebut harus unik dan tidak NULL.

  • Referential Integrity

adalah sebuah peraturan integritas yang menyatakan bahwa setiap atribut sebuah tabel relasi yang menunjuk ke tabel relasi lainnya harus merupakan hubungan yang valid. Berdasarkan contoh tabel MKUL dan NILAI sebelumnya, nilai atribut KDMK pada tabel NILAI harus merupakan data yang ada dan valid pada tabel MKUL yang ditunjuknya.

 

BAHASA MODEL RELASIONAL

Model relasional menggunakan Baahsa Query, Bahasa query (query language) adalah bahasa yang dapat dipergunakan oleh pengguna untuk mendapatkan atau merubah informasi dari suatu basis data yang termasuk dalam kategori bahasa tingkat tinggi (high level language)

 

Bahasa Query Formal

procedural : user harus tahu urutan langkah-langkah dalam mendapatkan informasi ⇒ Aljabar Relasional (Relational Algebra) yaitu Memanfaatkan satu atau beberapa tabel/relasi basis data sebagai masukan dan menghasilkan sebuah tabel/relasi basis data yang baru sebagai keluarannya

non procedural : user tak perlu tahu urutan langkah dalam pengeksekusian queri ⇒ Structured Query Language (SQL),

Kalkulus Relasional: dimana query menjelaskan set tuple yang diinginkan dengan cara menjelaskan predikat tuple yang diharapkan. Kalkulus relational terbagi 2 :

1. Kalkulus Relasional Tupel

2. Kalkulus Relasional Domain

 

Bahasa Query Komersial

Bahasa Query Komersial umumnya dirangcang oleh programmer sesuai kebutuhannya sehingga mudah digunakan, contoh dari bahasa Query Komersial ini seperti, QUEL, QBE dan SQL.

 

Sumber Referensi:

http://fathurrohman.staff.ipb.ac.id

Moh. Iqbal Ismail, model data relasional, http://mahasiswa.ung.ac.id

Khabib Mustafa, Model-model data ,2007, http://khabib.staff.ugm.ac.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s